Tips Mudah Dan Benar Mengurangi Kebiasaan Anak Suka Jajan

November 16, 2021 | By penulis | Filed in: Ibu dan Anak.

 

Pastinya setiap orang tua akan dihadapkan dengan berbagai fase yang mengharuskannya untuk selalu ekstra sabar dalam menghadapi perubahan sikap dan perilaku sang buah hati. Misalnya saja anak yang suka sekali jajan di luar dan tidak suka menikmati makanan yang sudah disiapkan ibunya di rumah. Sebenarnya hal yang wajar jika si kecil menyukai beraneka ragam jajanan di luar. Tetapi menjadi hal yang tidak wajar saat anak jajan berlebihan. Karena jika berlebihan dapat menimbulkan beberapa risiko seperti kegemukan hingga mendatangkan penyakit. 

Untuk mengurangi kebiasaan anak yang suka jajan diluar, maka adanya beberapa tips mudah dan benar yang bisa ibu ikuti, seperti diantaranya : 

  • Membatasi Uang Saku Supaya Anak Tidak Jajan Berlebihan

Dengan membatasi uang sakunya, maka saat pulang sekolah si kecil merasa perutnya lapar akan langsung pulang ke rumah dan menyantap makanan di rumah. Ibu juga bisa meminta si kecil untuk belajar menabung dan menahan dirinya untuk tidak menggunakan uang jajannya secara berlebihan. 

  • Membuat Makanan Kesukaan Bersama Anak Di Rumah

Kemungkinan besar yang menyebabkan anak suka jajan diluar dikarenakan ibunya tidak menyediakan cemilan sehat di rumah. Biasanya sepulang sekolah yang akan mereka temukan hanya nasi dan lauk pauk untuk makan siang dan malam. Sekarang tidak ada salahnya ibu memperhatikan makanan kesukaan si kecil dan menyisihkan waktu untuk membuat camilan sehat bersama anak di rumah. 

  • Membawakannya Bekal Makanan Sehat Dari Rumah

Supaya anak mengurangi kebiasaannya yang suka jajan diluar, maka mulai saat ini cobalah untuk bangun lebih pagi serta membuat makanan sehat sebagai bekal untuk dibawa anak ke sekolah. Bekali juga dia cemilan alternatif yang lebih sehat dan menarik. Disini ibu dituntut supaya lebih kreatif dalam memvariasikan jenis serta tampilan camilan yang akan dibawa si kecil ke sekolah. Saat anak melihat makanan yang dibawanya menarik pastinya dia akan semangat untuk memakannya dan si kecil pun akan merasa kenyang. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk jajan berlebihan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *