Siapa Sangka, Cara Mengolah Rempah Biji Kapulaga Sangat Mudah

July 28, 2021 | By penulis | Filed in: Kuliner.

Rutin Minum Teh Kapulaga Bantu Obati 4 Penyakit

Kapulaga merupakan jenis rempah yang dihasilkan dari biji tanaman dari keluarga jahe-jahean atau Zingiberaceae. Biji ini adalah rempah asli Indonesia yang terkenal di dunia. Rempah ini mudah didapatkan di pasar atau supermarket. Namun ada cara yang lebih praktis yaitu beli online melalui TaniHub, platform berbagai bahan kebutuhan masakan. Sebelumnya, ketahui dahulu cara mengolahnya agar khasiat rempah lebih optimal. Yuk disimak.

  • Dipanggang

Untuk lebih mengeluarkan aroma kapulaga, memanggang adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Hasil panggangan ini juga bisa Anda gunakan sebagai tambahan ke dalam kopi atau teh agar rasa dan wanginya lebih keluar. Caranya cukup mudah, panaskan teflon dan panggang kapulaga di atasnya atau bisa juga dimasukkan ke dalam oven selama beberapa menit.

Setelah itu tunggu sampai dingin. Kupas kulit dengan bijinya. Bijinya bisa Anda giling untuk digunakan sebagai bumbu untuk menyedapkan masakan. Sedangkan kulitnya bisa dipakai untuk menyeduh kopi atau teh.

  • Ditumbuk

Cara kedua mengolah kapulaga adalah dengan ditumbuk. Menurut buku Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur karangan Made astawan, biji rempah ini dapat ditumbuk ringan. 

Siapkan biji yang ingin ditumbuk sebanyak yang dibutuhkan kemudian cuci bersih. Setelah itu pisahkan kulit dan bijinya. Tumbuk biji rempah sampai setengah halus dan setengah kasar. Rempah ini pun siap untuk ditambahkan ke dalam bumbu halus untuk masakan atau minuman hangat.

  • Olah dengan Rempah Lainnya

Salah satu cara untuk menggunakan biji kapulaga adalah dengan memasaknya bersama dengan rempah lainnya. Indonesia sangat kaya akan sumber daya rempah-rempah sejak ratusan tahun yang lalu. 

Kapulaga serta rempah lainnya seperti cengkeh, biji pala, jinten, ketumbar, dan kayu manis sering digunakan bersamaan dalam satu masakan. Selain menyedapkan makanan, rempah-rempah berguna untuk menghilangkan bau amis pada daging dan mengharumkan makanan.

  • Direbus untuk Obat

Kapulaga berkhasiat dalam menyembuhkan batuk karena biji ini mengandung minyak atsiri, terpinil asetat, beta kamfer, borneol serta kandungan lainnya. Cara membuatnya pun sangat mudah. 

Siapkan 5 butir kapulaga yang sudah dicuci. Rebus satu gelas air atau kurang lebih 250ml beserta biji yang sudah dicuci hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan ke dalam gelas, bisa ditambah sedikit madu agar tidak terlalu tawar. Minum selagi hangat.

  • Dibuat Menjadi Teh

Menurut buku Encyclopedia of Natural Medicine, kapulaga yang diolah dalam bentuk teh dapat menjadi obat detoksifikasi racun dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi teh ini bisa meningkatkan sistem peredaran darah, sistem pencernaan, dan membantu menyehatkan hati sekaligus ginjal Anda.

Cara membuatnya: siapkan teh tubruk secukupnya, 5 buah biji kapulaga, 1 batang kayu manis dan 1 ruas jahe.untuk pemanis bisa menggunakan gula merah atau gula batu. Rebus semua bahan kecuali gula sampai mendidih dan mengeluarkan aroma harum. Setelah itu saring air rebusan ke dalam gelas atau cangkir. Tambahkan gula sesuai selera, aduk hingga larut. Teh kapulaga pun siap dinikmati.

Demikian cara mengolah kapulaga yang bisa Anda coba dirumah. Biji rempah dengan kualitas terbaik bisa Anda dapatkan melalui TaniHub. TaniHub merupakan platform belanja berbagai kebutuhan produk pertanian dan bahan masakan rumah tangga. Download segera aplikasinya dengan mudah. Bisa juga Anda akses lewat website TaniHub langsung. Sangat mudah bukan? 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *