Inilah Keistimewaan Adzan Subuh dan Doa Setelah Adzan

October 10, 2022 | By penulis | Filed in: Uncategorized.

Bacaan Doa Setelah Adzan Beserta Artinya | Popmama.com

Subuh merupakan salah satu waktu sholat wajib yang dilakukan oleh seluruh umat Islam. Adzan adalah seruan untuk melaksanakan sholat wajib. Dari semua waktu sholat, adzan subuh adalah satu-satunya adzan yang dilafalkan dengan bacaan khusus. Setelah mendengarkan adzan, umat muslim disunnahkan untuk membaca doa setelah adzan subuh.

  • Keistimewaan Waktu Subuh

Semua waktu sholat memiliki keistimewaan tersendiri. Pada waktu subuh adalah salah satu waktu sholat yang dilakukan pada pagi hari. Dikumandangkannya adzan subuh juga menjadi penanda akhir dari amalan-amalan manusia pada malam hari.

Waktu subuh merupakan waktu yang istimewa karena menjadi awal dari catatan ibadah manusia di siang hari.

 

  • Keistimewaan Adzan Subuh untuk Membangunkan Orang Tidur

Adzan subuh memiliki salah satu keistimewaan yaitu membangunkan orang-orang yang sedang tidur. Hal ini terdapat pada kalimat adzan yang dikumandangkan pada waktu subuh. “Ash-sholatu khoirun minan naum” yang memiliki arti “Shalat lebih baik dari pada tidur.”

Kalimat tersebut merupakan kalimat sunnah yang dibaca kala dikumandangkannya adzan subuh. Bacaan ini pula menjadi seruan kepada umat Islam untuk senantiasa bangun pagi dan melaksanakan shalat subuh.

 

  • Keistimewaan Adzan Subuh Sebagai Pemberitahu untuk Bangun Malam

Adzan subuh ternyata tidak hanya dikumandangkan pada waktu sholat subuh saja. Pada waktu sepertiga malam, tak sedikit umat islam yang mengumandangkan adzan subuh.

Adzan subuh yang dikumandangkan pada waktu sepertiga malam atau sebelum waktu subuh ini digunakan untuk memberitahukan kepada umat muslim untuk bangun dan mengerjakan sholat malam. Umat muslim bisa mengerjakan sholat malam seperti shalat tahajud dan melakukan amalan-amalan baik sembari menanti waktu subuh tiba.

 

  • Keistimewaan Adzan Subuh Sebagai Pengingat Waktu Puasa

Adzan subuh juga memiliki keistimewaan yakni sebagai pengingat waktu puasa. Adzan subuh yang dikumandangkan sebelum masuk waktu fajar ini mengingatkan seseorang yang hendak menjalankan ibadah puasa untuk berhenti makan dan minum.

Hal ini tertuang pada hadist yang diriwayatkan oleh Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu’anhu, bahwasannya Rasulullah Shalalllahu’alaihi wassalam bersadba yang artinya “Sesungghnya Bilal mengumandangkan adzan di malam hari. Makan dan minumlah kalian sampai Ibu Ummi Maktum mengumandangkan adzan.”

 

  • Disunnahkan Membaca Bacaan Tatswib

Pada waktu subuh terdapat bacaan “Ash-sholatu khoirun minan naum” yang mana bacaan ini merupakan kalimat tatswib. Bacaan ini hukumnya sunnah pada adzan subuh dan memiliki hukum makruh ketika dibaca diadzan-adzan setelahnya.

Sehingga bacaan tatswib hanya boleh dikumandangkan pada waktu adzan subuh atau sebelum fajar. Bacaan ini dibutuhkan karena pada waktu subuh tak sedikit umat Islam yang masih dalam keadaan tertidur sehingga bacaan tersebut digunakan untuk membangunkan orang-orang yang sedang tidur. Bacaan tersebut juga menegaskan bahwa melaksanakan sholat lebih baik dibandingkan tidur.

 

  • Doa Setelah Adzan

Setelah mendengarkan adzan, seorang muslim disunnahkan membaca doa setelah adzan. Secara umum, doa yang dibaca setelah adzan sebagai berikut:

Allahumma robba haadzihid da’watit tammah, washsholaatil qooimah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomammahmudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

 

  • Doa Setelah Adzan Subuh

Namun, tak sedikit orang yang membaca doa setelah mendengarkan adzan subuh dengan membaca kalimat sebagai berikut:

“Allahuma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du’aaika faghfirlii”

Itulah keistimewaan adzan subuh dan doa setelah adzan subuh yang disunnahkan untuk dibaca. Dengan mengamalkan sunnah dan tetap menjalankan yang wajib, seorang Muslim bisa mendapatkan banyak keutamaan dan pahal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *