Cara Jitu Mengatasi Laptop Lemot, Auto Ngebut!

November 12, 2022 | By penulis | Filed in: Uncategorized.

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah dan Praktis

Laptop merupakan salah satu perangkat penting di kehidupan sekarang, baik untuk anak sekolah, mahasiswa, dan pekerja kantoran. Di luar itu, sebagian orang yang tidak masuk ke dalam kategori ketiganya juga menjadikan laptop salah satu barang penting.

Banyak hal dapat dilakukan di laptop. Selain bisa mengerjakan tugas dan kerjaan kantor, laptop juga bisa digunakan untuk bersenang-senang, seperti menonton film dan bermain gim. Laptop punya banyak kegunaan karena layarnya yang lebar dan mudah dibawa kemana-mana.

Namun, jika laptop sudah bermsalah, tentu akan menyusahkan penggunanya. Apalagi ketika sedang dibutuhkan. Kamu pernah merasakan laptop yang lemot waktu sedang mengerjakan tugas? Kira-kira peyebabnya apa, ya?

Biasanya penyebab laptop lemot dikarenakan beberapa hal berikut ini:

  • Laptop terinfeksi virus tidak terdeteksi anti virus,
  • Memori penyimpanan laptop terlalu kecil, sehingga tidak bisa menampung semua fail yang ada didalamnya,
  • Hard Disk (HDD) tidak memiliki ruang yang cukup lagi untuk mengoperasikan sistem,
  • Belum memperbaharui sistem operasi,
  • Terlalu banyak membuka program dalam satu waktu ketika menyalakan laptop,
  • Kerja browser terlalu berat,
  • Menggunakan fitur visual yang berlebihan dan memakan banyak memori.

Setelah mengetahui apa penyebab laptop lemot, kamu bisa mengatasinya sebelum terjadi kerusahakan, seperti memasang anti virus, melakukan pengecekan terhadap laptop secara berkala, dan membersihkan memori. Dengan begitu laptop tidak akan lemot dan pekerjaan jadi lebih mudah.

Namun, jika laptop sudah telanjur lemot dan mengganggu kegiatan kamu, dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya:

 

  1. Melakukan pemindaian virus

Setelah mengunduh dan memasang anti virus di dalam laptop, jika laptop menjadi lemot tiba-tiba, kamu bisa masuk ke aplikasi tersebut dan memindai virus yang ada di laptop. Tunggu prosesnya sampai selesai, lalu hapus berbagai file yang menyebabkan virus.

 

  1. Membersihkan memori

Jika setelah memindai virus laptop masih lemot, kamu dapat melakukan cara kedua ini. Bersihkan memori dengan menghapus program yang tidak terlalu penting. Kemudian, hapus fail-fail sampah yang sudah tidak diperlukan lagi.

 

  1. Memperbaharui sistem operasi

Laptop yang lemot dapat disebabkan sistem operasi yang belum diperbaharui. Program di dalam laptop sudah tidak sesuai lagi dengan sistem operasi yang terpasang. Dengan begitu, laptop akan bergerak dengan lambat.

Ada baiknya, kamu melakukan pengecekam sistem operasi secara berkala dan melakukan pembaharuan jika sudah tersedia.

 

  1. Menambah kapasitas memori dan HDD

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menambah ruang di dalam penyimpanan laptop. Dengan menambahkan ruang, fail dan program didalamnya akan lebih leluasa bergerak karena tidak kepenuhan.

Kalau sudah kepenuhan dan masih dipaksa untuk beroperasi, laptop tidak hanya lemot. Namun, akan mengalami kerusakan.

 

  1. Menutup laptop sejenak

Jika laptop terlalu lama dijalankan, perangkat lunaknya akan memanas secara berlebihan (overheating). Keadaan laptop yang terlalu panas, akan memperlambat peformanya. Mematikan laptop untuk beberapa saat dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

 

  1. Menggunakan aplikasi yang sesuai

Ketahui bagaimana spesifikasi laptop kamu dan sebaiknya memasang program atau aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Jangan memaksakan aplikasi dengan versi tinggi untuk laptop yang tidak memiliki memori dan sistem operasi rendah.

Seringkali pengguna memaksa untuk memasang aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptopnya sendiri. Mungkin, dalam beberapa waktu laptop aman-aman saja, tetapi ketika dijalankan akan terjadi kerusakan di sana sini.

Itu dia penyebab laptop lemot dan beberapa cara mengatasinya. Usahakan merawat laptop secara rutin agar laptop bisa dipakai untuk waktu lama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *