Cara dan Bahan Membuat Rendang Jengkol Yang Empuk dan Enak

January 10, 2022 | By penulis | Filed in: Kuliner.
Resep Rendang Jengkol

source gambar : yummy.co.id

Meski terkenal dengan baunya yang kurang sedap, jengkol justru tetap digemari banyak orang. Aroma dari jengkol justru bisa meningkatkan nafsu makan, dan teksturnya juga sangat khas di dalam mulut. Jengkol yang legit memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya.

Ada banyak cara untuk mengolah jengkol, salah satunya dengan bumbu rendang. Membuat rendang jengkol cukup mudah. Rasa gurih pedas dari bumbu rendang membuat hidangan jengkol semakin lezat. Ikuti cara membuat rendang jengkol berikut ini.

  1. Seleksi Jengkol yang Sesuai

Buat jengkol yang hendak dimasak, pakai jengkol tua. Seleksi yang

berkulit lembut tanpa terdapatnya bagian yang rusak. Kulit arinya bercorak coklat hitam serta bertekstur keras. Tetapi kala dibelah, daging jengkol tua bercorak kuning serta teksturnya lembut. Yakinkan pula kulit jengkol tidak berlubang, ya.

Dikala kamu membeli jengkol, bisa jadi hendak menciptakan sebagian jengkol yang mempunyai wujud berbeda. Terdapat yang besar tetapi gepeng, terdapat pula yang bundar tetapi kecil.

Supaya hasil masakan sempurna, seleksi jengkol yang berupa bundar saja. Tidak permasalahan bila tipe jengkol lebih kecil daripada yang berupa gepeng. Sebab jengkol bundar malah lebih lezat rasanya dikala diolah jadi masakan.

 

  1. Rebus Jengkol dengan Air Daun Salam

Rebus jengkol dengan daun salam serta air seperlunya sampai empuk. Biar lebih kilat, dapat pula memakai panci presto. Merebus dengan panci presto cuma membutuhkan waktu dekat 20 menit.

Kamu pula dapat mengubah daun salam dengan daun jeruk ataupun daun jambu biji. Metode ini sama dengan yang memakai daun salam.

Awal rebus air hingga mendidih, setelah itu masukkan daun salam serta jengkol secara bertepatan. Perebusan berperan buat membuat tekstur jengkol jadi empuk serta daun- daun tersebut menolong buat kurangi bau jengkol.

 

  1. Geprek Jengkol buat Mempermudah Membuang Kulit Arinya

Geprek satu persatu jengkol sampai kulitnya terkelupas dengan ulekan. Bilas dengan air bersih kemudian sisihkan.

Menggeprek jengkol mempunyai 2 guna. Awal, buat mempermudah membuang kulit ari pada jengkol. Kedua, biar bumbu rendang menyerap ke dalam jengkol.

 

  1. Tumis Bumbu Halus dengan Sedikit Minyak

Tidak butuh memakai sangat banyak minyak biar bumbu rendang tidak sangat berminyak. Pakai 3 sendok makan minyak cuma buat menumis bumbu.

Sehabis tumisan bumbu harum, masukan jengkol serta aduk rata. Perihal ini dicoba biar bumbu tersebut pula merasuk dalam jengkol. Jadi bukan hanya bumbu rendangnya saja yang gurih.

 

  1. Pakai Santan Encer serta Santan Kental

Tuang santan encer, garam, serta gula. Masak hingga santan agak menurun.

Pemakaian santan encer di dini bertujuan supaya santan tidak rusak dimasak lama. Santan encer lebih kokoh terhadap panas. Sehabis santan menurun, baru masukan santan kental.

Aduk sampai mendidih kemudian koreksi rasanya. Setelah

mendidih, kecilkan api kemudian masak terus hingga kuahnya kering serta berminyak.

Tuang santan kental. Aduk sampai mendidih kemudian koreksi rasanya. Setelah mendidih, kecilkan api kemudian masak terus hingga kuahnya kering serta berminyak.

Tidak sulit bukan dalam membuat rendang jengkol yang enak sekaligus tidak bau? Ayo kalian bisa praktikan di rumah masing-masing ya untuk membuat rendang jengkol ini. Kalian juga bisa berkreasi sesuai dengankemampuan kalian sendiri mengenai rendang jengkol ini, jangan lupa share pengalaman kalian dalam memasak rendang jengkol ini yaa, terima kasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *