Berikut Para Nabi Yang Bergelar Ulul Azmi, Simak!

December 24, 2021 | By penulis | Filed in: Informasi.

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnya

Ketika masih kecil dulu kita diajarkan untuk menghafal nama malaikat dan tugasnya, 25 nama nabi, dan dasar-dasar pengetahuan agama lainnya. Apakah kalian masih mengingatnya? Tentu saja, tetapi jika kita sedikit-sedikit lupa maka hal itu wajar saja. Pengetahuan dasar tentang agama sangat penting untuk kita ketahui, apalagi jika kita merupakan calon ibu yang akan menjadi guru pertama untuk anak-anaknya.

Kali ini kami akan membahas tentang 5 rasul yang mendapatkan gelar khusus yaitu, gelar ulul azmi. Ulul azmi sendiri memiliki arti yakni, orang-orang besar. Tentu saja nabi-nabi yang diberi gelar tersebut memiliki ketabahan dan kesabarn yang luar biasa. Nah berikut ini 5 nabi bergelar ulul azmi, simak!

  1. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi yang memiliki mukjizat terbanyak dibandingkan dengan para nabi yang bergelar ulul azmi lainnya. Bahkan mukzizat Rasulullah SAW sudah ada sebelum dan sesudah kelahirannya, hingga masa hidupnya. Banyak yang beranggapan bahwa mukjizat Rasulullah SAW berupa kepribadian dan pemikiran beliau, tentu segala yang dilakukan Rasulullah SAW patut dijadikan contoh bagi umatnya, hal itulah yang menjadi mukjizat terbesar setelah Al-Qur’an.

Bukan hanya itu saja bahkan Rasulullah SAW diutus sebagai rasul untuk seluruh mahluk dan membebaskan akal beliau. Hal itu berarti bahwa Rasulullah SAW tidak mementingkan kehendaknya sendiri selain untuk Allah SWT.

Mukjizat lainnya yakni ketika peistiwa isra Miraj, dimana Rasulullah SAW diberikan keistimewaan berupa kitab suci Al-Qur’an yang dijadikan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia di bumi.

  1. Nabi Ibrahim AS

Nabi bergelar ulul azmi selanjutnya yakni nabi Ibrahim AS, dimana Ibrahim AS pernah terselamatkan dari kobaran api atas izin Allah SWT. ketika itu Nabi Ibrahim AS sengaja dilemparkan ke dalam api yang berkobar oleh Raja Namrud sebab kaum yang menentangnya. Tetapi seketika api itu menjadi dingin atas izin Allah SWT.

  1. Nabi Nuh AS

Selanjutnya Nabi Nuh AS yang juga mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT. Keistimewaan tersebut berawal dari bencana yang menimpa kaum Nabi Nuh AS berupa angin topan, banjir besar, ombak yang bergulung tinggi, dan hujan deras tiada henti.

Ketika itu Allah SWT memerintahkan Nabi Nuh AS untuk membuat bahtera atau perahu besar, dimana perahu itu harus bisa menampung seluruh umat yang beriman kepada Allah SWT. Bahtera tersebut yang menyelamatkan mereka dari bencana yang terus menerus datang.

Ketika itu kehidupan di bumi telah hancur dan musnah tertutup dengan air, terkecuali Nabi Nuh AS dan para pengikutnya yang ada di dalam perahu bersamanya. Bahkan angin topan yang menerjang terus berlanjut hingga beberapa jaman setelahnya.

  1. Nabi Isa AS

Kita tentu sudah sering mendengar bahwa Nabi Isa AS merupakan nabi yang diberikan banyak mukjizat salah satunya dapat menghidupkan yang mati atas izin Allah SWT. Bahkan ketika Nabi Isa masih berumur beberapa jam setelah lahir, beliau diberikan kemampuan yakni dapat berbicara. Kisah dan mukjizat Nabi Isa AS tercatat lengkap didalam Surah Maryam. Kamu bisa membaca dan mempelajarinya dalam surah tersebut.

  1. Musa AS

Nabi bergelar ulul azmi terakhir yakni Nabi Musa AS, dimana salah satu mukjizat Nabi Musa yaitu memiliki tongkat yang bisa berubah menjadi ular atas izin Allah SWT. Mukjizat yang lebih menajkubkan dari Nabi Musa AS yakni, tongkat yang dapat membelah lautan atas seizin Allah SWT, ketika sedang dikejar oleh pasukan Fir’aun di laut mati.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *