Tips Tunda Kehamilan Yang Benar dan Alami

April 3, 2020 | By penulis | Filed in: Gaya Hidup.

10 Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami

Bila kamu dan pasangan merasa belum siap untuk memiliki momongan tidak ada salahnya jika kalian berdua ingin menunda kehamilan. Dalam memunda kehamilan ini tidak mudah seperti terdengar karena kamu dan pasangan perlu mendiskusikannya dengan baik, misalnya seperti berapa lama kalian akan menunda kehamilan atau bagaimana cara yang akan kalian lakukan untuk menunda kehamilan tersebut. Berapa lama waktu kamu dan pasangan akan menunda kehamilan pun penting karena akan mempengaruhi tindakan apa yang akan kamu ambil, misalkan jika kamu dan pasangan berencana menunda kehamilan di bawah kurun waktu 2 tahun kalian cukup menggunakan pil KB. Nah untuk lebih lengkapnya kira-kira apa saja ya yang bisa kamu dan pasangan lakukan untuk menunda kehamilan secara alami yuk langsung saja simak pejelasannya di bawah ini:

  • Hindari masa ovulasi pada perempuan

Seperti yang kita ketahui bahwa kehamilan biasanya terjadi selamaa perempuan sedang berada pasa masa ovulasi. Oleh karena itu jika kamu ingin menunda kehamilan sebaiknya kamu melakukan ubungan seksual di luar masa ovulasi tersebut. Pada kebanyakan wanita biasanya mengalami masa ovulasi selama dua hingga tujuh hari, maka kamu bisa berhubungan seksual antara hari ke-8 hingga 20 siklus haid untuk mengindari kehamilan terjadi. Saai ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kamu menghitung masa ovulasi, karena di dalam aplikasi tersebut biasanya terdapat Kalkulator masa subur yang cukup akurat.

  • Periksa suhu tubuh dasar 

Suhu tubuh dasar ini merupakan suhu terendah tubuh yang bisa kamu ukur saat kamu bangun tidur dan belum melakukan berbagai aktivitas. Ketika masa datang bulan sudah selesai kamu bisa mulailah mencatat suhu tubuh kamu setiap hari. Ketika suhu tubuh kamu meningkat hal itu bisa menjadi tanda kamu sedang ada di masa ovulasi kamu, maka sebaiknya kamu menghindari untuk berhubungan seksual pada masa-masa tersebut.

  • Hindari ejakulasi di dalam Rahim

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk untuk mencegah kehamilan yaitu dengan menghindari ejakulasi di dalam Rahim untuk mencegah sperma bertemu dengan sel telur. Tapi sebenarnya cara yang satu ini tidak sepenuhnya efektif karena mengingat sperma masih bisa masuk ke dalam rahim perempuan dan bisa menyebabkan pembuahan. 

  • Mengonsumsi papaya

Pasti kamu tidak tahu bahwa dengan mengkonsumsi pepaya bisa membantu menunda kehamilan, padahal hal tersebut sudah terbukti.  Tapi dengan mengkonsumsi buah papaya ini hanya perlaku untuk laki-laki dan tidak berlaku untuk perempuan. Jika kamu mengkonsumsi buah papaya ternyata bisa mengurangi jumlah sperma pada laki-laki, untuk mengkonsumsinya kamu bisa mengkonsumsi dua kali sehari selama tiga hingga empat hari setelah berhubungan seksual.

  • Mengonsumsi kayu manis

Cara selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kayu manis, untuk menemukan makanan yang satu ini sangat mudah karena kayu manis biasa di gunakan untuk bumbu masakan.  Untuk bisa membantu menunda kehamilan kamu perlu konsumsi kayu manis ini dengan dosis yang tinggi, dengan cara menumbuk tiga sampai empat batang kayu manis hingga halus kemudian campurkan dengan air hangat dan di minum hari hingga masa datang bulan.

  • Vitamin C

Dengan mengkonsumsi Vitamin C bisa membantu menunda kehamilan, hal tersebut terjadi karena vitamin C bisa meningkatkan hormon estrogen sehingga hormon progesteron yang menyebabkan hamil akan menurun. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan meminumnya per hari setelah berhubungan seksual dengan kadar 1.500 mg.

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga cara di atas berhasil kamu coba ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *