Temulawak Tanaman Herbal Luar Biasa. Ini 12 Manfaatnya Untuk Kesehatan

December 20, 2021 | By penulis | Filed in: Informasi.
Olah Temulawak |  TaniHub

source gambar : tanihub.com

Temulawak adalah tanaman herbal yang dikenal sebagai bahan olahan jamu tradisional. Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza ini banyak ditemukan di Indonesia dan memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Temulawak adalah tanaman herbal yang termasuk kedalam suku temu – temuan yaitu tanaman yang bagian akar dan batangnya menyatu didalam tanah. Umumnya temulawak digunakan untuk bumbu dapur dan juga diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam antara lain zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein, kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan lain sebagainya.

Kandungan nutrisi yang beragam tersebut membuat temulawak memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

  1. Melancarkan Proses Pencernaan

Kandungan serat dan kurkumin yang tinggi didalam temulawak bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Manfaat temulawak yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki masalah sulit buang air besar atau sembelit.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu khasiat temulawak yang paling terkenal yaitu tanaman ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu dan mencegah berbagai macam penyakit. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolahnya menjadi minum berkhasiat dengan cara merebus tanaman tersebut.

  1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat lain dari temulawak yang terkenal yaitu mampu menambah nafsu makan. Kandungan atsiri didalamnya seringkali dimanfaatkan oleh orang – orang yang kehilangan nafsu makan umumnya dialami anak – anak.

  1. Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Tanaman herbal yang satu ini juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme tubuh. Khasiat temulawak ini didapatkan dari adanya kandungan pati dan turmerol dan sangat baik untuk tubuh.

  1. Mengatasi Peradangan

Temulawak mengandung senyawa anti radang yang mendatangkan manfaat yang mana mampu mengatasi peradangan. Senyawa tersebut akan menghambat produksi prostaglandin E2 yang menyebabkan peradangan akibat luka.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya yaitu membantu mencegah kanker. Temulawak dipercaya mampu menyusutkan sel kanker dan mencegah terbentuknya kanker di badan berkat kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya.

  1. Sebagai Antibakteri Dan Antijamur

Manfaat temulawak lain yang bisa kamu rasakan yaitu sebagai antibakteri dan antijamur. Adanya senyawa xanthorrizol pada obat herbal ini ternyata cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella.

  1. Mengatasi Radang Sendi

Mengkonsumsi temulawak dipercaya bisa membantu mengatasi radang sendi. Tanaman ini dipercaya memiliki khasiat yang sama dengan ibuprofen yang kerap diberikan pada pasien osteoarthritis.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain temulawak yang sering digunakan untuk kesehatan yaitu bisa membantu menurunkan kolesterol. Kandungan kurkuma yang tinggi didalamnya mampu menurunkan kolesterol jahat yang bernama Low Density Lipoprotein (LDL).

  1. Meningkatkan Stamina

Temulawak yang dikonsumsi bersamaan dengan jahe akan memberikan manfaat yang baik untuk stamina tubuh. Umumnya temulawak dan jahe dikonsumsi oleh olahragawan untuk meredakan tubuh dari kelelahan akibat aktivitas fisik yang tinggi.

  1. Mengatasi Masuk Angin

Tubuh seringkali tidak menyadari terjadinya perut kembung akibat masuk angin. Karena itu, konsumsilah temulawak ini jika sewaktu – waktu kamu masuk angin. Temulawak dipercaya dapat mengatasi masuk angin karena didalamnya terdapat kandungan piridoksin.

  1. Mengatasi Jerawat

Karena temulawak memiliki kandungan antibakteri, maka tanaman ini juga berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Dalam hal ini, kamu bisa mengkonsumsi temulawak atau mengambil sarinya untuk dijadikan masker wajah agar masalah jerawat segera teratasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *