Sedikit Bografi Tentang Joko Widodo Alias Jokowi

April 1, 2019 | By penulis | Filed in: Gaya Hidup.

Jokowi yang mempunyai nama asli Joko Widodo Kembali mencalonkan diri menjadi presiden untuk 2019, dan mengusung KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres nya.

Jokowi merupakan sosok yang sudah sejak jauh hari diusung untuk menjadi capres oleh parpol yang menjadi pendukung pemerintahannya. Hingga akhirnya Jokowi meresmikan cawapres nya yaitu ma’aruf amin.

Jokowi sebelum menatap pilpres untuk yang kedua kalinya, perna punya pengalaman di bidang eksekutif dari tingkatan wali kota hingga gubernur. Dibawah alinea ini akan ada beberapa rekam jejak Jokowi dan sedikit profilnya.

Sebelum masuk ke dalam dunia politik, Jokowi merupakan pengusaha mebel. Hal ini tidak terlepas dari pendidikan tingginya yang berada di jurusan kehutanan, Fakultas kehutanan, Universitas Gajah Mada (UGM).  Berbekal ilmu di kampus itu kemudian dipakai Jokowi untuk menjalankan usaha olah kayu sebagai furniture. Keluarga Jokowi sendiri juga mempunyai sejarah dalam bisnis ini. Kegigihan yang dipunya pun membawa pria kelahiran suakarta 21 juni 1961 ini membuat usahanya kian membeesar.

Pada saat itu Jokowi menikah dengan Iriana di Solo. Pada tanggal 24 Desember 1986. Keduanya dikarunia 3 orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka Kahiyang Ayu dan juga Kaesang Pangarep.

Hingga akhirnya Jokowi dicalonkan sebagai wali kota solo pada tahun 2005 oleh PDIP dan juga PKB.  Kepemimpinan Jokowi sebagai wali kota mulai tersorot publik. Satu hal yang paling diingat oleh bayak orang adalah saat menata Solo. Dimasa ini Jokowi dikenal sebagai pemimpin yang sederhana.

Jokowi mengedepankan dialog dengan masyarakat saat ingin melakukan penataan kota. Selain itu Jokowi juga melakukan pembaharuan dan menjadikan Solo sebagai penyelanggara berbagai event acara berkelas nasional juga Internasional. Keberhasilan Jokowi membuatnya kembali terpilih sebagai wali kota di pemilihan kepala daerah pada tahun 2010.

Ia juga mendapatkan beberapa penghargaan sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia versi The city Mayors Foundation pada tahun 2013

Pencapaian Jokowi di solo membut elite politik nasional meliriknya untuk berlaga di pilgub ibukota Jakarta yang dipasangkan dengan Basuki tjahaja purnama atau Ahok, dan terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur periode 2012-2017.

Jokowi juga mempunyai image pemimpin yang dekat dengan kalangan milenial. Hingga nantinya dia jadi presiden ke 7 RI, Jokowi tetap menampilkan diri dengan trend anak muda. Beberapa di antaranya ialah gaya berpakaian hobi dan juga kegemaran nya, serta gaya komunikasi dengan teknologi yang sedang hits sekarang ini.

Jokowi dipasangkan dengan senior Golkar yaitu jusuf kalla sebagai pasangan cawapres dan capres di tahun 2014 dan menag atas pasangan prabowo subianto dan hatta rajasa.

 Selama menjadi presiden, Jokowi dikenal sangat serius melakukan pembangunan infrastutur. Jalan tol, bandara, hingga jembatan dibangun dari ujung papua hingga ujung Sumatera.

Sekarang ini, Jokowi masih berhadapan dengan Prabowo yang berpasangan dengan sandiaga uni. Jokowi mengucapkan selamat kepada pasangan yang didukung partai oposisi yaitu Gerinda, PKS, Pan dan democrat ini. Jokowi menilai keduanya adalah putra terbaik Indonesia.

Jokowi  di tahun pemilu ini mengajak untuk semua pihak di pemilu tahun 2019 ini sebagai ajang mendewasakan politik di Indonesia. Dia ingin moment lima tahun sekali ini jadi proses menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang lebih baik. Jokowi  berharap agar pemilu tahun ini dijalankan penuh kegembiraan biarpun beda pilihan.

Sumber : https://www.jokowi.link/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *