Resep Cemilan Berbahan Dasar Kentang Dijamin Enak

August 14, 2020 | By penulis | Filed in: Kuliner.

Resep Bikin Stick Kentang Keju Barbekyu ala Yummy, Lumer di Lidah!

Kentang adalah bahan dasar yang memang sangat mudah dibuat makanan apa saja. Tidak heran jika banyak orang yang menggemari kentang. Kentang sendiri sumber karbohidrat sehat yang bisa menjadi pengganti nasi. Sehingga bagi anda yang sedang diet bisa coba karbohidrat dari kentang ini. Kentang sendiri banyak terdapat di Indonesia sehingga harganya relative terjangkau. Kentang bentuknya ada yang besar dan kecil-kecil. Kentang yang berukuran kecil biasanya dijadikan campuran masakan seperti rendang atau lodeh. Tetapi kali ini kita akan membuat kentang menjadi beragam cemilan untuk diet. Berikut resepnya!

  1. Stick Kentang

Resep cemilan dari kentang yang pertama ini bisa menjadi cemilan untuk anak anda yang enak. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat stick kentang ini adalah kentang kurang lebih 10 buah, keju cheddar, tepung jagung atau maizena, daun bawang, dan garam. Untuk cocolannya anda bisa siapkan saos dan mayonnaise.

Pertama kali anda kupas kentang lalu direbus hingga empuk. Setelah itu tumbuk kentang dengan tumbukan atau ulekan. Jangan gunakan blender agar teksturnya tidak menjadi lembek. Kemudian taruh di wadah, masukkan tepung maizena dikit demi sedikit hingga kalis. Masukkan juga keju yang sudah diparut. Daun bawang yang sudah diiris masukkan juga. Aduk lagi dan cetak dengan gilingan. Lalu potong memanjang layaknya stick. Kemudian goreng hingga kecoklay. Makan dengan mayonnaise dan saos agar lebih lezat.

  1. Kentang Goreng Krispi

Jika membuat kentang goreng sendiri di rumah apakah anda merasa hasilnya lembek? Memang membuat kentang goreng krispi layaknya restoring cepat saji susah gampang. Namun kini anda bisa mencobanya sendiri di rumah kentang goreng krispi yang bagus hasilnya. Bahan yang anda butuhkan kentang, garam, tepung terigu putri, dan minyak goreng.

Pertama kali anda potong dahulu kentangnya memanjang, setelah itu anda cuci bersih kentang. Keringkan kentang dan gunakan tisu untuk mengeringkan sisa air di kentang. Kemudian beri garam dan tepung bumbu putri. Siapkan minyak panas di wajan atau panci. Lalu goreng hingga kecoklatan. Cocol dengan saos sambal.

  1. Donat Kentang

Kedua resep di atas adalah cemilan dari kentang yang rasanya gurih. Resep yang satu ini adalan cemilan manis yang terbuat dari kentang. Cara membuatnya mudah sekali, anda siapkan kentang sekitar 4 buah. Kemudian siapkan juga tepung terigu, mentega, telur, garam dan ragi. Anda bisa memilih ragi fermipan. Siapkan juga toppingnya. Gula halus atau gula tepung bisa mnejadi pilihan yang murah.

Cara membuat donat kentang adalah dengan merebus kentangnya terlebih dahulu. Sambil nunggu kentangnya empuk, buat adonan dengan menaruh tepung, telur dan ragi menjadi satu adonan. Lalu tambahkan mentega lumayan banyak. Setelah itu masukkan kentang yang sudah dikupas. Aduk lagi adonan hingga kalis. Diamkan adonan donat selama 1 jam. Kemudian bentuk menjadi bentuk donat. Goreng hingga kecoklatan dengan api sedang, lalu beri topping gula tepung.

Untuk inovasi yang lebih, anda bisa menambahkan bebrapa hal lainnya di resep stick kentang. Anda bisa menambahkan daging sapi di dalam adonannya. Kemudian untuk ketang goreng anda bisa memakannya dengan bubuk keju atau atau taburi keju cheddar. Nah, untuk donat kentang anda bisa mengunakan topi cokelat atau keju. Topping green tea juga bisa anda gunakan dengan membeli di toko kue.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *