Pinjam Uang di KrediFazz vs FinanKu, Bunganya Lebih Rendah Mana?

November 4, 2021 | By penulis | Filed in: Bisnis dan Ekonomi.

Ini Daftar Fintech Legal OJK per 25 Agustus 2021

Lagi cari pinjaman tunai bunga rendah, tapi bingung harus nyari atau pilih yang mana? 

Tenang aja, itu hal yang wajar kok. Terlebih kalo kamu baru pertama kalinya mau pakai aplikasi pinjaman tunai. Sebab, sekarang, kurang lebih ada 106 fintech pinjaman tunai yang beroperasi dan sudah terdaftar di OJK. Kalo mau dapat fintech yang layanannya oke dan bunganya rendah, tentunya kita sebagai calon pengguna perlu membandingkan dengan seksama. 

Nah, kebetulan, saya termasuk calon pengguna yang udah ngeluangin waktu buat bandingin beberapa aplikasi pinjaman tunai bunga rendah pas ada kebutuhan 3 bulan lalu. Dari sekian banyak aplikasi yang saya lihat sekilas, saya ketemu sama KrediFazz dan FinanKu. 

Dua aplikasi pinjaman online legal ini sama-sama punya warna brand hijau terang. Tapi, apakah layanan dan bunganya mirip? Berikut ini saya paparin perbandingannya buat membantu kamu yang lagi bingung harus pakai aplikasi pinjaman yang mana, ya. 

 

Perbedaan layanan pinjaman di KrediFazz vs Finanku

Pada dasarnya, dari segi layanan pinjaman yang ditawarkan, KrediFazz dan FinanKu bisa dibilang nggak punya perbedaan signifikan. Layanannya berupa pinjaman tunai untuk berbagai kebutuhan, terutama kita yang butuh uang dalam jumlah kecil hingga menengah. Kalo lagi ada keperluan darurat dan bisa diganti bulan depan, dua pinjaman online ini bisa dijadikan opsi. 

 

Perbedaan limit, bunga, dan tenor pinjaman di KrediFazz vs FinanKu

Nah, perbedaan utama keduanya terletak pada bagian detail pinjaman, yaitu limit, suku bunga, dan tenor pinjaman. Dari segi limit, KrediFazz bisa memberikan pinjaman mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 3 juta. Sementara FinanKu, bisa memberikan limit pinjaman mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 6 juta. 

Dari segi suku bunganya, KrediFazz tergolong aplikasi pinjaman tunai bunga rendah karena hanya mematok sebesar 0,3% per hari atau maksimal sampai 9% per bulan. Di mana biasanya, aplikasi pinjaman online cepat sejenis KrediFazz mematok bunga sampai 0,8% per hari atau 24% per bulan. 

Berbeda dengan FinanKu, suku bunga yang dibebankan kepada kita akan disesuaikan dengan rating atau grade skor. Di mana grade A artinya dokumen dan hasil verifikasi sangat baik, grade B artinya baik, dan grade C artinya dokumen dan hasil verifikasi cukup. Makin tinggi grade kita, akan makin rendah bunga yang didapat, dan sebaliknya. 

Pada situs FinanKu, saya mencoba fitur simulasi yang tersedia untuk menghitung berapa bunga yang saya dapat kalau grade saya A. Hasilnya, jika grade saya A, untuk pinjaman sebesar Rp 3 juta, saya bisa dapat bunga sebesar 4.67% per bulan. Sekilas, terlihat lebih rendah dari KrediFazz. Tapi, kalo saya perhatikan detailnya, ada biaya admin sebesar Rp 500 ribu yang harus saya bayarkan dengan jumlah total pinjaman secara keseluruhan menjadi Rp3.990.000 untuk pengembaliannya selama 3 bulan (cicilan). 

Sementara di KrediFazz, biaya admin hanya 6% dari jumlah pinjaman. Artinya kalo saya pinjam Rp 3 juta, biaya adminnya cuma Rp180.000 dari total pinjaman. Jauh berbeda dengan FinanKu dan secara jumlah pengembalian dan bunga, KrediFazz jelas lebih rendah. 

Karena perbandingan inilah, bagi kantong saya, KrediFazz masih bersahabat dibanding FinanKu. Tapi, bisa jadi simulasi yang ditampilkan di website FinanKu tidak mewakili gambaran sebenarnya. Berhubung saya lebih liat tingkat suku bunga dan biaya admin, saya lebih pilih buat download KrediFazz. 

 

Perbedaan syarat pendaftaran pinjaman di KrediFazz vs FinanKu

Selain bunganya yang lebih rendah, kebetulan syarat daftar dan ngajuin pinjaman di KrediFazz juga pas di saya, yaitu: 

  1. WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Sudah punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di Indonesia. 

Serupa dengan KrediFazz, FinanKu pun memiliki syarat pendaftaran dan pengajuan pinjaman yang harus dipenuhi di awal, di antaranya: 

  1. Punya KTP, slip gaji, dan keterangan kerja. 
  2. Punya tempat usaha. 
  3. Dapat menunjukkan mutasi rekening bank yang bisa menunjukkan gaji atau penghasilan bulanan. 

Sayangnya, saya nggak nemu informasi batas usia, minimum penghasilan, ataupun wilayah domisili yang harus dipenuhi di website maupun aplikasi FinanKu, seperti halnya yang ada pada KrediFazz. Rating aplikasi FinanKu juga lebih rendah dibanding rating KrediFazz. Di mana KrediFazz 4,4 dari skala 5 sementara FinanKu hanya 2,8 dari skala 5. 

Semoga ulasan dan perbandingan saya kali ini bisa membantu kamu yang lagi cari rekomendasi pinjaman tunai bunga rendah, ya. Oh iya sebagai tambahan penting, supaya lebih aman pinjam uang di fintech, pastikan selalu pinjam sesuai kemampuan dan jangan gali lubang tutup lubang, yaa!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *