Penyebab mundurnya jadwal pertandingan Persib vs Persija liga 1 2022

October 17, 2022 | By penulis | Filed in: Uncategorized.

Persib Vs Persija Batal Digelar, Tiket Pertandingan Tidak Hangus Halaman  all - Kompas.com

Pertandingan yang sangat ditunggu di liga Indonesia yaitu antara Persib vs Persija pada tanggal 2 Oktober 2022 sayangnya harus ditunda, PT LIB (PT Liga Indonesia baru) membuat satu keputusan untuk mengundur pertandingan yang sangat bergengsi antara Persib vs Persija. Setelah kejadian yang sangat disayangkan di stadion Kanjuruhan, Malang. Yang menyebab kan 127 orang meninggal dunia.

Setelah terjadi nya insiden di stadion Kanjuruhan pada tanggal 1 OKtober 2022, PT LIB menyatakan untuk menunda semua pertandingan liga Indonesia selama seminggu. Keterangan ini dinyatakan oleh pihak Persib lewat web resmi nya. Dan pihak Persib pun menyatakan akan terus berkomunikasi dengan pihak PT Liga Indonesia baru untuk kapan dimulainya laga Persib kontra Persija .

Selain laga Persib dan Persija, Akhmad hadian Lukita sebagai Direktur Utama di PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memberikan pernyataan bahwa liga 1 2022/2023 ditunda selama seminggu. Penundaan ini pun menyangkut pertandingan lain nya, yaitu pertandingan PSIS Semarang vs Bhayangkara FC di stadion Jatidiri, kota Semarang.

 

  • Insiden Kanjuruhan , Liga Indonesia tertunda

Arema dan Persebaya telah menjadi rival yang sangat lama. Tim yang dijuluki singo edan ini untuk pertama kali nya kalah di kandang sendiri oleh rival nya mereka Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. Kekalahan singo edan ini membuat para pecinta Arema kecewa dan nekat memasuki lapangan, hal ini pun mengakibatkan banyak nya korban yang meninggal dunia,meski kepastian jumlah korban masih belum bisa dipastikan. Selain korban jiwa yang masih belum bisa dipastikan, stadion Kanjuruhan pun ruksak.

Berawal dari tumbang nya dari sang rival Persebaya, para suporter Arema FC memanjat dan memasuki area lapangan. Dan pihak Keamanan pun menembak gas air mata kea rah supporter Arema FC yang mengakibatkan banyaknya suporter kesulitan bernafas lalu jatuh pingsan. Hal ini membuat kondisi makin tidak kondusif. Para suporter pun banyak yang tak sadarkan diri, banyaknya korban yang berjatuhan tidak sebanding dengan jumlah medis yang siaga di tempat kejadian.

 

  • Pernyataan Polisi melapaskan gas air mata

Dalam jumpa pers, Irjen Nico Afinta bahwa kericuhan ini berawal dari tumbang tim singo edan

ini oleh sang rival Persebaya Surabaya, kekalahan ini menjadi kekalahan pertama sejak 23 tahun terakhir. Irjen Nico Afinta menyatakan “dalam kejadian itu, korban jiwa sebanyak 127 orang,termasuk 2 anggota dari pihak Kepolisian”. Sebanyak 34 orang korban yang meninggal di stadion kebanggan kota Malang tersebut, dan yang lain nya meninggal disaat pengobatan di rumah sakit. 13 kendaraan pun ikut menjadi pelampiasan para pendukung Arema FC, 10 kendaraan adalah milik kepolisian.

 

Irjen Nico Afinta pun mengungkapkan bahwa pertandingan berjalan dengan baik, namun setelah

peluit ditiup para pendukung Arema yang kecewa dengan hasil pertandingan langsung memasuki lapangan untuk mendekati para pemain dan official. Dan para petugas keamanan pun langsung bertindak untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Aremania sebutan dari pendukung Arema FC ini pun turun ke lapangan dan membuat kerusuhan yang bisa membahayakan para pemain dan official, lalu pihak kepolisian pun menembakan gas air mata ke arah pendukung yang bertindak kerusuhan. Irjen Nico Afinta mengatakan “mereka pergi keluar ke satu tititk, dipintu keluar. Yang mengakibatkan penumpukan dan membuat sesak nafas. Ini menjadi tragedi terburuk dalam dunia sepakbola.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *