Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10T

May 11, 2021 | By penulis | Filed in: Teknologi.

main image

Peluncuran smartphone Xiaomi Mi 10T memberikan dampak terhadap antusiasme para pengguna gadget. Mereka dibuat penasaran dengan fitur apa saja yang ditawarkan varian flagship dari pabrikan Xiaomi ini. Perlu diketahui berikut ini beberapa info mengenai Mi 10T yang berguna bagi Anda saat memutuskan membeli smartphone ini.

 

Kelebihan Mi 10T

 

Material dan Desain premium

Gorilla Glass 5 pada bagian depan dan belakang hp ini memberikan efek glossy yang semakin mempertegas kesan premium dari Mi 10T ini. Bezel yang sangat tipis memberikan efek full pada layar LCD.

Laya Support 144Hz

Lebar layar yang cukup luas yaitu 6.67 inch ditambah pengaturan untuk opsi refresh rate 60, 90 dan 144Hz serta didukung Adaptive Sync menjadian hp ini sangat cocok untuk digunakan sebagai gaming dan untuk hiburan lain misalnya streaming.

Dukungan Snapdragon 865

Perlu diketahui bahwa seri chipset 8xx dari Qualcomm Snapdragon adalah chipset kelas atas yang sering dipasang di berbagai flagship. Ketangguhan dan kecepatan  Snapdragon 865 menambah kenyamanan saat menggunakan perangkat ini untuk penggunaan sehari hari bahkan gaming settingan tinggi sekalipun. Belum lagi ditambah dengan RAM up to 8GB dan Internal Storage up to 128GB.

Daya Tahan Baterai Kuat

Kapasitas baterai besar melengkapi Xiaomi Mi 10T yang sedikit unggul dibandingkan para pesaingnya. Pada beberapa kelas flagship memang cukup sedikit perangkat yang memberikan fasilitas baterai yang besar. Ketika menggunakan smartphone satu ini Anda akan mendapatkan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh dengan beberapa fitur menarik seperti fast charging 33W serta Power Delivery 3.0.

Hasil Kamera Jernih

Sudah menjadi hal yang umum bahwa kualitas dan hasil kamera dari pabrikan Xiaomi ini sangat baik terutama adanya tambahan fitur AI yang memproses hasil gambar dan video. Xiaomi Mi 10T menggunakan kamera utama 64 MP wide, 13 MP ultrawide, dan 5 MP macro. Kualitas pengambilan video mendukung sampai ke resolusi 8K 30fps.

 

Kekurangan Mi 10T

 

LCD Panel

Sungguh ironis memang disaat fitur yang diunggulkan refresh rate yang tinggi dari segi layar namun Xiaomi mengorbankan teknologi LCD pada perangkat mereka. Penggunaan IPS LCD sendiri memang terbilang pilihan terbaik untuk memotong biaya produksi agar tetap murah. Sehingga wajar saja LCD ini menjadi salah satu kekurangan jika dibandingan beberapa pesaing yang sudah menggunakan panel AMOLED atau OLED.

Dimensi Tebal dan Berat

Menggunakan baterai yang lebih besar tentunya berpengaruh pada dimensi dan berat yang dihasilkan. Walaupun hal ini menjadi keunggulan dibanding hp pesaing, namun rasa-rasanya sedikit menjadi boomerang bagi hp ini. Umumnya keluhan pengguna saat memakai hp ini yaitu kesulitan menggenggam saat digunakan kegiatan mobile. Mungkin kekurangan ini bisa diakali ketika Anda memakainya saat sedang waktu luang.

Tidak Adanya Memori Eksternal

Hal yang umum terjadi pada  smartphone flagship sekarang ini yaitu tidak memiliki slot memori eksternal. Bagi sebagian orang yang masih mengandalkan memori eksternal untuk penyimpanan, hal ini merupakan salah satu kekurangan yang paling terasa. Seperti halnya pembuat konten video, mereka perlu mengambil banyak adegan untuk keperluan bahan videonya yang tentunya sebanding dengan besarnya memori yang terpakai. Penggunaan memori eksternal juga dirasa perlu untuk meminimalisir kerusakan data apabila terjadi bootlop atau hang pada smartphone yang digunakan.

Itulah sedikit plus dan minus dari Xiaomi Mi 10T, memang dirasa masih ada kekurangan dari sebagian sisi. Namun rasanya sangat layak bersaing dengan flagship lainnya mengingat harga hp ini cukup terjangkau.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *