Inilah 6 Gejala yang Harus Diwaspadai Saat Kadar Trombosit Rendah

May 23, 2019 | By penulis | Filed in: Kesehatan dan Kecantikan.

Penyakit demam berdarah tergolong sebagai jenis penyakit musiman yang rentan menyerang siapa saja, khususnya adalah anak-anak yang terkadang belum sadar untuk menjaga diri agar tidak digigit oleh nyamuk DBD ini. Bahkan bisa dikatakan DBD ini adalah penyakit yang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan penderitanya kehilangan nyawa jika seandainya terlambat dalam mendapatkan pengobatan. Biasanya ditandai dengan kadar trombosit yang begitu rendah di dalam darah, sehingga menyebabkan terjadinya pendarahan. Untuk itu harus tahu cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah.

Sebenarnya upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kadar trombosit di dalam darah ini bukanlah sesuai yang sulit. Ada banyak sekali makanan nikmat yang dapat memicu peningkatannya, diantaranya adalah , buah jambu biji, buah delima, pepaya dan sejenisnya. Lalu sebenarnya apakah dampak berbahaya jika seandainya tubuh kekurangan trombosit? Berikut ini diantaranya yang patut untuk diketahui, yaitu:

  1. Purpura, yaitu kulit menjadi memar, hal ini akan ditandai dengan munculnya warna kemerahan, ungu hingga warna-warna coklat di permukaan kulit.
  2. Ruam pada kulit, selain purpura, ketika tubuh kekurangan keping darah atau trombosit ini maka juga akan memunculkan ruam, bintik-bintik merah. Kebanyakan bintik tersebut muncul di kaki bagian bawah.
  3. Mimisan, seseorang yang mimisan juga bisa dipicu karena keping darahnya kurang, sehingga pembekuan darah berlangsung secara melambat.
  4. Gusi mengeluarkan darah, pendarahan pada gusi ini juga dapat terjadi jika darah tidak kunjung mengalami pembekuan.
  5. Pebdarahan pada luka, ketika seseorang jatuh atau terkena sayatan benda tajam, lumrahnya meskipun berdarah namun pendarahan tersebut akan segera menutup dengan sendirinya, karena tubuh memiliki kemampuan membekukan darah, namun pada saat trombosit jumlahnya sedikit, tidak dapat membekukannya.
  6. Pendarahan yang terjadi ketika sedang menstruasi, hal ini akan dialami oleh wanita.

Jika sudah mulai merasakan gejala-gejala ini maka segera tingkatkan kadar trombosit Anda, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman kaya trombosit tersebut. Temukan berbagai informasi kesehatan lainnya di https://www.guesehat.com/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *