Desain Ruang Makan Mungil & Cantik

November 13, 2016 | By admin | Filed in: Rumah dan Furniture.

Saat ini rumah dengan konsep minimalis sudah sangat populer digunakan untuk model rumah masa kini. Hal tersebut disebabkan semakin sulitnya mendapatkan lahan pemukiman yang luas serta makin melonjaknya harga tanah, sehingga konsep rumah minimalis menjadi salah satu solusi terbaik dalam hal ini.

Konsep rumah minimalis memanfaatkan ruang dalam rumah yang terbatas ukurannya. Karena itulah, dibutuhkan desain yang tepat untuk ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi, hingga dapur.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan ulasan seputar desain ruang makan mungil & cantik. Dengan menerapkan desain ini pada ruang makan Anda, maka ruang makan yang mungil tersebut tetap akan terasa nyaman berada di dalamnya.

Detail Desain Ruang Makan Mungil & Cantik

1.Penggunaan warna berbeda sebagai sekat

Desain ruang makan mungil umumnya menggunakan penggabungan antara ruang makan dengan dapur dalam rangka menghemat lahan ruangan di dalam rumah, di samping Anda tidak menjadikan pekerjaan Anda di dapur jadi lebih efisien karena Anda tidak perlu susah-susah untuk membawa makanan dari dapur ke meja makan.

Untuk menyatukan dapur dengan ruang makan tidaklah terlalu sulit. Tidak selamanya harus menggunakan sekat untuk membatasi kedua ruangan tersebut, karena dengan penggunaan  warna yang berbeda antara dapur dengan ruang makan sudah cukup untuk memberikan kesan batasan diantara kedua ruangan tersebut.

2.Penggunaan furniture yang sesuai

Dapur mungil menggunakan konsep dapur minimalis. Karena itu, penggunaan furniture di dalamnya tentu harus bermodel minimalis agar lebih sesuai. Jika tidak, ruang makan mungil Anda akan terlihat aneh.

Untuk menentukan jenis furniture yang akan digunakan, Anda harus terlebih dahulu melakukan mengukur luas ruang makan Anda dengan ukuran furniture yang akan digunakan. Anda juga bisa menggunakan desain ruang makan mungil lesehan sebagai ruang makan Anda. Kesannya simple dan cukup menghemat ruangan yang ada.

Selain konsep lesehan, Anda juga dapat menggunakan beberapa model furniture yang tepat, seperti kursi makan yang berukuran L, karena model kursi makan seperti ini lebih menghemat ruang yang ada sekaligus menjadikan suasana desain ruang makan mungil Anda jadi lebih hangat dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa memilih kursi makan berbentuk memanjang.

Untuk meja makan, Anda bisa menggunakan pilihan meja berbentuk bundar daripada persegi memanjang. Sebaiknya Anda menggunakan meja makan yang berkapasitas dua hingga empat orang saja. Jangan menggunakan perabotan yang berukuran terlalu besar untuk ruang makan mungil minimalis Anda.

Untuk bahan meja dan kursi makan, sebaiknya yang berasal dari bahan berkualitas agar lebih agar awet dan tahan lama digunakan. Gunakan bahan dari kayu asli atau hardwood seperti jati, oak, walnut, atau maple. Hindari menggunakan material yang berasal dari kayu campuran karena bisa cepat rusak.

3.Penataan perabot yang tepat

Penataan perabotan di dalam ruang makan mungil juga perlu dilakukan secara tepat. Dalam hal ini Anda dapat menempatkannya meja dan kursi makan di sudut ruangan menempel dengan dinding ruang makan. Hal ini menjadikan Anda lebih leluasa bergerak dan beraktifitas dengan bebas di dalam ruangan makan Anda.

Untuk penggunaan warna, maka desain ruang makan mungil lebih tepat jika diterapkan di dalamnya warna-warna utama yang terang karena dapat mengesankan penampilan ruang makan yang sedikit lebih luas. Anda juga dapat menggunakan warna-warna yang dapat membangkitkan selera makan misalnya saja warna merah.

Demikianlah artikel seputar desain ruang makan mungil dan cantik pada artikel kali ini. Selain desain di atas, hal yang tidak kalah penting juga untuk diperhatikan adalah pencahayaan. Sebab, ruang makan yang baik memiliki pencahayaan yang terang, sehingga nuansa desain ruang makan mungil menjadi lebih cantik. Semoga bermanfaat.


Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *