Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Khas Tasikmalaya

October 9, 2017 | By admin | Filed in: Kuliner.

Kita sebagai warga negara Indonesia tentu sudah hafal betul, dengan daerah yang merupakan basisnya pesantren ini. Hal itu pun terbukti, dengan banyaknya sekolah-sekolah pesantren yang bertebaran di daerah Tasikmalaya terutama di daerah Kabupatennya. Selain sebagai basisnya pesantren, daerah Tasikmalaya juga terkenal dengan berbagai jenis kulinernya. Dan salah satunya adalah Nasi Tutug Oncom, yang memiliki cita rasa gurih dan lezat.

Jika anda bermain kedaerah Tasikmalaya, maka sepanjang jalanan akan ada banyak kedai-kedai yang menjajakan nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom sendiri merupakan nasi yang diberi bumbu oncom, serta dilengkapi dengan berbagai jenis lalapan. Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Jawa Barat, merupakan penggemar berat lalapan. Terlpeas dari semua hal itu, mungkin diantara kalian ada yang berminat untuk membuat nasi tutug oncom dirumah. Nah bagi anda yang berminat untuk mencobanya, berikut dibawah ini ada resep dan cara membuat nasi tutug oncom khas Tasikmalaya.

Bahan-bahan Yang Harus Anda Siapka :

– 400 gram nasi putih

– 100 gram oncom

– 10 cm kencur

– 4 siung bawang merah

– 2 siung bawang putih

– 5 buah cabai rawit hijau

– 1 sendok teh garam

– 1 sendok makan gula pasir

– 1 sendok teh petcin (penyedap rasa)

– 10 lembar daun kemangi

– minyak goreng secukupnya

Bahan Pelengkap

– ayam goreng

– sambal terasi

– lalapan

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan uleg-an lalu masukan bawang merah, bawang putih, cabai rawit hijau, garam, gula pasir, petcin, kencur, dan daun kemangi, kemudian tumbuk hingga benar-benar halus.
  2. Selanjutnya campurkan dengan oncom lalu tumbuk lagi.
  3. Siapkan wajan lalu panaskan dengan api kecil, dan masukkan adonan bumbu oncom. Masak hingga tekstur bumbunya mengering.
  4. Jika dirasa sudah mengering, matikan kompor lalu sisihkan bumbu oncomnya.
  5. Selanjutnya masukkan nasi putih dan aduk sampai merata.
  6. Untuk menciptakan rasa yang lebih mantap lagi, anda bisa menghidangkannya bersamaan dengan bahan-bahan pelengkap seperti ayam goreng, sambal terasi, dan berbagai jenis lalapan.

Demikianlah ulasan mengenai resep masakan sehari-hari yang bernama nasi tutug oncom. Dengan demikian, anda pun bisa membuatnya dirumah tanpa harus pergi dulu ke daerah Tasikmalaya. Akhir kata cukup sekian dan selamat mencobanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *