Berbagai Cara Untuk Anak Lancar Bicara

April 9, 2021 | By penulis | Filed in: Ibu dan Anak.

Apa Itu Positive Parenting

Anak anda sudah bisa beberapa kata tapi belum lancar bicara? Nah, ini tugas anda bagaimana membuat anak anda sering bicara dan sangat lancar. Anak yang tidak ragu untuk mengucapkan kata adalah termasuk anak yang pintar. Jadi anda pasti sangat senang bukan jika anak anda lancar bicara. Anda sebaiknya memiliki waktu yang banyak untuk membuat anak anda lancar bicara. Tinggalkan dahulu tugas rumah tangga, tunggu anak tidur baru mengerjakannya lagi. Anak yang sering diperhatikan pastinya akan cepat bicara. Jangan biarkan anak anda nonton gadget terlalu sering juga. gadget akan membuat anak anda mengalami gangguan bicara. Nah, jika anda merasa gadget membantu juga. Batasi juga karena anak anda tidak bereaksi untuk mengobrol dengan gadget. Nah selain menghindari gadget berlebihan, lakukan berbagai cara berikut ini seperti yang dikutip dari okemom.com.

  1. Bacakan Cerita

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat anak anda lancar bicara adalah dengan sering bacakan cerita. Berbeda dengan gadget, buku bisa berhenti dan tidak membuat anak anda ketagihan. Anda juga punya andil dalam memilih kosakata yang mudah dipahami anak dalam buku tersebut. Anak juga akan mendengar cerita yang anda tuturkan dengan seksama karena anda bicaranya pasti perlahan. Jadi beli berbagai buku yang diperuntukan untuk balita atau anak 2 tahun. Buku yang ditawarkan baisanya lebih simple dan tidak banyak tulisan yang panjang. Hal ini karena anak akan mudah bosa mendengarnya jika cerita terlalu panjang. Lebih baik sedikit tapi anak langsung bisa menirunya.

  1. Lakukan Komunikan Dengan Anak Lebih Sering

Anda sebaiknya membuat komunikasi dengan baik dengan anak agar anak anda mengerti dan mau bicara. Jadi anda jangan hanya memaparkan kata tersebuk tapi ajak anak anda untuk meniru dan menjawab pertanyaan anda. misalnya anda tanyakan “ adek udah mamam” tanya lagi “ udah belum”. Lakukan dengan nada yang menarik juga agar anak anda menatap mata anda. Tatapan mata bisa membuat anak anda mmemperhatikan anda dan mendengarkan anda. komunikasi ini lakukan lebih sering. Selain anak lancar bicara, anak akan lebih dekat lagi dengan anda. meluangkan waktu untuk anak lancar bicara harus menjadi prioritas utama anda dibandingkan dengan pekerjaan lainnya.

  1. Ajak Bermain

Untuk melakukan sebuah komunikasi dengan anak ad acara yang juga akan membuat anak memperhatikannya. Caranya adalah dengan mengajaknya bermain. Jadi anda bisa bermain cilukba yang paling gampang atau juga bermain lego sambil mengajak anak anda bicara. Bermain mobilan untuk anak laki-laki sambil ajak komunikasi dan bermain masak-masakn untuk anak perempuan agar anak anda mau komunikasi juga hal yang bagus. Jadi usahakan untuk anak anda mau menjawab dengan permainan yang seru. Bermain tebak-tebakan lagu juga bisa membuat anak anda semangat. Jangan lelah untuk mengajak anak anda bermain supaya anak mau bicara.

  1. Ajak Anak Keluar Rumah

Cara lainnya yang bisa anda lakukan dengan membuat anak lancar bicara adalah dengan mengajaknya keluar rumah. di luar rumah anak akan bertemu dengan anak lainnya. Anak lainnya bisa menjadi stimulus yang bagus juga untuk membuat anak lancar bicara. Anak kecil akan suka dengan anak kecil lainnya. Jadi mereka akan lebig semangat untuk mengajak bicara. Nah anda juga bisa mengajarkan kosakata baru di luar ruah jika anak bertanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *