Bacaan & Manfaat Sholawat Jibril, Salah Satunya Mendatangkan Rezeki

October 10, 2022 | By penulis | Filed in: Uncategorized.

Selawat Jibril dan Keutamaannya bagi Rezeki Manusia

Dalam ajaran beragama islam berdoa menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan. Hal ini dilakukan demi melancarkan segala urusan. Bahkan dalah satunya berkaitan dengan duniawi dan materi. Terdapat banyak doa yang bisa diamalkan untuk mendapatkan rezeki dan materi yang diharapkan.

Salah satunya adalah dengan mengamalkan sholawat Jibril secara rutin. Terdapat banyak keutamaan ketika kita mengamalkan sholawat Jibril seperti mendatangkan rezeki hingga mengabulkan permintaan. Lalu, seperti apa bacaan sholawat Jibril itu?

Sebagai umat Islam tentu sudah tidak asing lagi dengan sholawat Jibril. Malahan banyak orang yang mencari lirik sholawat Jibril setelah dinyanyikan oleh beberapa penyanyi muslim. Sholawat Jibril termasuk salah satu sholawat nabi yang pendek. Disebut dengan sholawat Jibril, karena yang pertama melafalkan sholawat ini adalah malaikat Jibril ketika memberikan pengajaran pada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Jibril adalah salah satu jenis sholawat yang paling sering diamalkan oleh umat Muslim karena singkat dan banyak makna. Kita bisa membaca sholawat jibril disela-sela aktivitas yang sedang dijalani sebanyak 1000x.

Bacaan Sholawat Jibril Arab dan Latin

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

“Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Artinya:

“(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.”

Walaupun beberapa sumber menyebutkan untuk membaca sholawat jibril sebanyak 1000x, tetapi tak sedikit pula ahli mengungkapkan bahwa umat muslim bisa membaca sholawat Jibril disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Kemudian setelah membaca sholawat Jibril, alangkah baiknya melanjutkan dengan membaca doa pelengkap untuk memohon rezeki. Berikut ini doa pelengkap sholawat Jibril yang bisa dilafazkan :

“Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a’thinii tsawaaba shollallahu ‘alaa Muhammad an tarzuqonii syai’an asta ‘iinu bihi ‘alath-thoo ‘ah subhaana robbika robbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wasalaamun ‘alal mursaliin walhamdulillahi robbil ‘aalamiin.”

Artinya:

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Shollalahu ‘Alaa Muhammad, berilah rezeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam.”

 

Manfaat Sholawat Jibril

Membaca sholawat mempunyai tujuan mendoakan, memuji dan memohonkan berkah kepada Allah SWT untuk nabi. Sholawat diserukan tidak hanya oleh umat. Sebagaimana firman Allah SWT yang terdapat dalam Surah Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Rasulullah SAW juga bersabda :

“Barang siapa yang membaca sholawat Jibril ini, maka Allah SWT akan membukakan pintu pintu rahmat untuknya dan Allah SWT juga akan menjadikan hari para manusia mencintainya serta tidak akan ada orang yang membencinya kecuali orang yang munafik.”

Beberapa manfaat membaca sholawat Jibril di antaranya

  • Mendapatkan pengampunan dari semua dosa-dosa baik yang disengaja maupun tidak
  • Dicukupi kebutuhan dunia dan akhiratnya
  • Mendapatkan Rahmat dan barokah dari Allah SWT
  • Mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad
  • Mendapatkan pimpinan dari Malaikat terbaik

Sholawat Jibril memiliki manfaat luar biasa seperti apa yang telah disebutkan di atas. Karena itu, sebagai umat muslim yuk kita amalkan bacaan sholawat Jibril secara konsisten. Semoga apa yang kita hajatkan dikabulkan Allah SWT.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *