Agar Belanja Online Aman dari Penipuan, Ikuti Tips Berikut Ini

August 21, 2017 | By admin | Filed in: Teknologi.


Penipuan kerap terjadi dimanapun dan kapanpun. Pada era digital seperti saat ini, penipuan berkedok online shop  juga kerap terjadi tanpa memandang golongan. Para customer yang terjebak penipuan banyak yang melapor ke pihak kepolisian. Namun, karena sifatnya yang serba digital, penipuan ini pun tidak mudah untuk dilacak. Oleh karena itu, agar belanja online aman dari penipuan, ikuti tips berikut ini.

  • Jangan Mudah Terperdaya Belanja Online Dengan Sistem Arisan

Selain sistem pembayaran tunai melalui transfer maupun cash on delivery (COD), ada juga sistem baru yang mulai diterapkan beberapa penjual online. Sistem baru ini adalah sistem arisan. Seperti halnya arisan ibu – ibu PKK atau para sosialita, banyak benda yang diperjualbelikan dengan merekrut beberapa member. Setelah itu, pengundian akan dilakukan. Namun dengan sistem ini, peluang penipuan lebih sering terjadi. Mengapa demikian? Hal ini dipengaruhi oleh sistem pembayaran yang berangsur dan kadang berimbas pada hilangnya beberapa member.

Jika hal ini terjadi, maka sebisa mungkin himpun orang – orang yang juga bergabung di arisan dan mengalami penipuan serupa. Tetapi, dibandingkan harus bergulat dengan kerumitan dan proses hukum yang menyita waktu serta tenaga, sebaiknya jangan memulai. Jangan mudah terperdaya belanja online aman yang dipromosikan oleh arisan sosial media.

  • Tidak Ada Barang Yang Terlalu Murah, Curigai Promo Berlebihan

Baru – baru ini ada kasus agen travel yang dilaporkan ke polisi karena melarikan dana tabungan para pelanggannya. Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi semua orang bahwa sesuatu yang dijual terlalu murah hingga harganya tidak wajar pasti bermasalah. Curigai setiap promo berlebihan yang membanting harga sampai tidak masuk akal. Bisa jadi barang tersebut bermasalah atau justru barang tidak akan pernah dikirim karena penjual sengaja melakukan penipuan.

  • Hindari Penjual Yang Sifatnya “Terus Mengejar dan Mengintai”

Ada beberapa jenis penjual, dimana semua penjual selalu menawarkan barang atau jasanya. Namun, hindari penjual yang menawarkan belanja online aman tetapi sifatnya terus mengejar dan mengintai. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, hal ini juga sangat merugikan waktu dan tenaga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *