5 Fakta Kompol Dewi Kapolsek Astanaanyar Bandung Yang Tersandung Kasus Narkoba 

March 23, 2021 | By penulis | Filed in: Informasi.

Eks Kasat Narkoba Tersandung Kasus Narkoba, Padahal Banyak Pecahkan Kasus -  Tribun Manado

Beberapa hari yang lalu publik digegerkan dengan berita diamankannya oknum Kapolsek bersama 11 anggotanya oleh Propam Polda Jabar dan Mabes Polri atas kasus dugaan narkoba. Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi selaku Kapolsek Astanaanyar diduga telah diamankan dalam sebuah hotel bersama 11 anggotanya, pada hari Selasa (16/2/2021). 

Berdasarkan hasil tes urine, mereka positif amphetamine diduga mengkonsumsi narkoba jenis sabu. Kini, 12 anggota Polri yang bertugas di Polsek Astanaanyar tengah menjalai pemeriksaan intensif di Bid Propam Polda Jabar. Jika mereka terbukti menyalahgunakan narkoba, maka akan terancam sanksi penundaan kenaikan pangkat dan dipecat dari Korps Bhayangkara. 

Berikut dibawah ini 5 Berita viral hari ini tentang Kompol Dewi Kapolsek Astanaanyar Bandung yang tersandung kasus narkoba, diantarnya yaitu :

  • Kompol Dewi Adalah Anggota Polwan Berprestasi

Berita viral penangkapan Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi memang mengejutkan banyak pihak. Pasalnya selama ini polwan yang akrab disapa Dewi itu dikenal sebagai sosok yang beprestasi dalam pemberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Wanita kelahiran Porong, Sidoarjo, Jawa Timur itu mengawali karier kepolisiannya sebagai anggota di Subdit 2 Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar. 

  • Banyak Berkecimpung Di Reserse Narkoba

Setelah beberapa tahun bertugas di Ditres Narkoba Polda Jabar, polwan cantik itu dipercaya memimpin jajaran Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Bogor Kota. Setelah itu dia ditarik kembali ke Ditres Narkoba Polda Jabar. Tidak lama setelah itu, Kompol Dewi ditugaskan untuk memimpin Polsek Bojongloa Kidul jajaran Polrestabes Bandung. Kompol Dewi mengemban jabatan sebagai Kapolsek Bojongloa Kidul selama kurang lebih 1,5 tahun.

Selanjutnya dia percaya sebagai Kapolsek Sukasari. Disini, dia berhasil menjaga kekompakan para pemangku wilayah, misalnya camat dan koramil. Saat pandemi mulai menerpa, Polsek Sukasari yang dipimpin Kompol Dewi pada saat itu menggandeng Koramil Sukasari dan Kecamatan Sukasari untuk mendirikan dapur umum guna membantu mereka yang terdampak pandemi. 

  • Jago Beladiri Judo

Sebagai Polwan, ternyata Kompol Dewi memiliki kemampuan beladiri. Ibu dari dua anak itu menguasai Judo. Saat bertugas sebagai Kapolsek Bojongloa Kidul, dia berhasil menyatukan beberapa ormas untuk sama sama menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas). 

  • Kompol Dewi Langsung Dicopot Dari Kapolsek

Setelah tertangkap, Kompol Dewi menjalani pemeriksaan di bidang Propam dan langsung dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek. Irjen Pol Achmad Dofiri selaku Kapolda Jabar mengambil langkah tegas dengan mengeluarkan surat telegram yang berisi daftar nama anggota yang dimutasi. 

Dalam surat telegram Kapolda Jabar Nomor : ST/267/II/KEP/2021 tersebut, Kompol Dewi dimutasi ke Pamen Yanma Polda Jabar. Dilakukannya mutasi tersebut untuk mempermudah Bid Propam Polda Jabar dalam melakukan pemeriksaan. 

  • Ditangkap Dalam Hotel Dengan 11 Anggotanya

Anggota Propam Polda Jabar dan Mabes Polri menangkap Kompol Dewi bersama 11 anggota Polsek Astananyar dalam sebuah hotel di Bandung, pada Selasa (16/2/2021). Saat ini, ke-12 anggota Polri yang diamankan tengah diperiksa intensif personel Bid Propam Polda Jabar. 

Tes urine yang dilakukan menyatakan bahwa mereka positif mengkonsumsi amphetamine diduga mengkonsumsi narkoba jenis sabu. Dengan bukti tersebut, mereka terancam saksi penurunan pangkat dan dipecat dari keanggotannya sebagai anggota korps Bhayangkara. 

Menanggapi berita viral tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghimbau seluruh masyarakat Jabar untuk menghindari bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba karena dapat merusak masa depan diri sendiri dan bangsa.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *