Seperti Inilah Ciri-ciri Dari Siklus Menstruasi Normal

March 19, 2019 | By penulis | Filed in: Uncategorized.


Sudah menjadi rahasia umum, bahwa setiap perempuan yang sudah puber itu kebanyakannya akan mengalami haid alias menstruasi. Namun, tidak semua dari mereka yang mengalami haid pada setiap bulannya. Ya, sebagian ada yang mengalami haid datang tepat waktu, dan sebagiannya lagi ada yang tidak dapat diprediksi. Pasalnya, hal ini dikarenakan siklus menstruasi pada setiap perempuan itu berbeda-beda. Namun yang jadi pertanyaannya, bagaimana sih ciri-ciri dari siklus menstruasi yang normal? Perlu kalian ketahui, bahwa haid atau menstruasi ditandai dengan meluluhnya lapisan dinding rahim yang menyebabkan terjadi pendarahan yang keluar dari organ intim. Sampai hal itu terjadi, biasanya ada beberapa tahapan proses yang harus kalian lalui terlebih dulu.

Pada mulanya, ovarium (indung telur) akan melepaskan sel telur yang kemudian akan menempel pada bagian dinding rahim yang telah menunggu untuk dibuahi oleh sperma. Saat menunggu dibuahi sperma, maka jaringan dinding rahim akan terus menebal yang artinya telah siap menghadapi proses kehamilan. Apabila ada sel sperma yang masuk, maka sel telur bisa dibuahi yang kemudian akan berkembang menjadi sebuah janin. Lain lagi ceritanya jika sel telur tidak kunjung juga dibuahi, lambat laun jaringan dinding rahimnya akan mulai rapuh dan rontok yang dikeluarkan melalui organ intim. Proses tersebut akan kembali terulang lagi dari awal, setelah menstruasi mu selesai.

Proses tersebutlah yang sering disebut dengan nama siklus menstruasi. Dan seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa setiap perempuan itu memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ya, ada yang normal, dan ada juga yang tidak normal. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang siklus menstruasi normal, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pada dasarnya, siklus menstruasi yang normal itu rata-ratanya terjadi setiap 28 hari. Namun, ada pula yang mengalami siklus haid sekitar 25 – 35 hari (masih termasuk kategori normal). Jika menstruasi mu datang setiap 23 hari atau setiap 35 hari (antara rentang waktu tersebut), maka menstruasi mu termasuk kategori tidak normal. Ketika indung telur melepaskan sel telurnya pada siklus menstruasi normal, biasanya haid akan datang pada hari ke 14 atau tepatnya pada pertengahan siklus.

Adapun mengenai contohnya sebagai berikut => hari pertama haid pada tanggal 5, itu artinya menstruasi mu akan berakhir sekitar tanggal 12. Dengan kata lain, masa ovulasi kamu yang sebelumnya jatuh pada tanggal 20 – 21 di bulan lalu. Sedangkan masa ovulasi kamu selanjutnya akan datang dalam 14 hari setelah hari terakhir, yakni sekitar tanggal 26 – 27 pada bulan yang sama. Perempuan yang memiliki siklus menstruasi normal, biasanya akan mengalami menstruasi 1 bulan sekali dengan total 11 – 13 kali haid dalam 1 tahun kalender. Siklus haid tersebut akan terus berulang sampai masuk ke usia menopause, yang artinya tubuh sudah tidak memproduksi sel telur lagi sehingga kamu tidak akan mengalami menstruasi selamanya. Adapun mengenai beberapa ciri-ciri dari siklus menstruasi normal seperti di bawah ini :

1. Warna Darah

Menurut kabar yang beredar, siklus haid yang normal itu memiliki warna darah merah yang lebih terang di hari pertama haid, dan akan berubah kecoklatan di hari terakhir menstruasi.

2. Lamanya waktu haid

Kamu akan mengalami menstruasi selama 3 – 7 hari.

3. Keputihan

Kamu juga akan mengalami keputihan, namun tidak berbau.

Demikianlah ulasan singkat mengenai ciri-ciri siklus menstruasi normal, yang semoga saja bermanfaat untukmu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *